Kamis, 15 Maret 2012

BIMBINGAN BELAJAR KELOMPOK

Archive of Bimbingan Belajar Kelompok

1


Cara Mengatasi Kesulitan Belajar

Jum'at 12 Aug 2011 02:48 AM
Bimbingan belajar. Sebagai pembimbing seorang pendidik mengadakan pendekatan bukan saja melalui pendekatan instruksional, akan tetapi dibarengi dengan pendekatan yang bersifat pribadi (personal approach) dalam setiap proses belajar mengajar berlangsung. Melalui pendekata pribadi guru akan langsung mengenal dan memahami siswa secara lebih mendalam, sehingga dapat memproleh hasil belajar yang optimal.Agar bimbingan belajar dapat lebih terarah dalam upaya membantu siswa dalam menagatasi kesulit ... belajar. Sebagai pembimbing seorang pendidik mengadakan pendekatan bukan saja melalui pendekatan instruksional, akan tetapi dibarengi dengan pendekatan yang bersifat pribadi (personal approach) dalam setiap proses belajar mengajar berlangsung. Melalui pendekata pribadi guru akan langsung mengenal dan memahami siswa secara lebih mendalam, sehingga dapat memproleh hasil belajar yang optimal.Agar bimbingan belajar dapat lebih terarah dalam upaya membantu siswa dalam menagatasi kesulitan belaja ... kelompokBimbingan belajar individualPengajaran remedialPemberian bimbingan pribadiTindak lanjut atau follow upTindak lanjut atau follow up adalah usaha untuk mengetahui keberhasilan bantuan yang telah diberikan kepada siswa dan tindak lanjutnya yang didasari hasil evaluasi terhadap tindakan yang dilakukan dalam upaya pemberian bimbingan. ... bimbingan belajar. Sebagai pembimbing seorang pendidik mengadakan pendekatan bukan saja melalui pendekatan instruksional, akan tetapi dibarengi dengan pendekatan yang bersifat pribadi (personal approach) dalam setiap proses belajar mengajar berlangsung. Melalui pendekata pribadi guru akan langsung mengenal dan memahami siswa secara lebih mendalam, sehingga dapat memproleh hasil belajar yang optimal.Agar bimbingan belajar dapat lebih terarah dalam upaya membantu siswa dalam menagatasi kesuli ...
Dalam pelaksanaan tugas pembelajaran, seorang pendidik tidak hanya berkewajiban menyajikan materi pembelajaran dan mengevaluasi pekerjaan siswa, akan tetapi bertanggung jawab terhadap pelaksanaan bimbingan belajar. Sebagai pembimbing seorang pendidik mengadakan pendekatan bukan saja melalui pendekatan instruksional, akan tetapi dibarengi dengan pendekatan yang bersifat pribadi (personal approach) dalam setiap proses belajar mengajar berlangsung. Melalui pendekata pribadi guru akan langsung mengenal dan memahami siswa secara lebih mendalam, sehingga dapat memproleh hasil belajar yang optimal.Agar bimbingan belajar dapat lebih terarah dalam upaya membantu siswa dalam menagatasi kesulitan belajar, maka perlu diperhatikan langkah-langkah sebagai berikut:IdentifikasiIdentifikasi adalah suatu kegiatan yang diarahkan untuk menemukan siswa yang mengalami kesulitan belajar, yaitu mencari informasi tentang siswa dengan melakukan kegiatan berikut:Data dokumen hasil belajar siswaMenganalisis absensi siswa di dalam kelasMengadakan wawancara dengan siswaMenyebar angket untuk memperoleh data tentang permasalahan belajarTes untuk memperoleh data tentang kesulitan belajar atau permasalahan yang dihadapiDiagnosis Diagnosis adalah keputusan atau penentuan mengenai hasil dari pengolahan data tentang siswa yang mengalami kesulitan belajar dan jenis kesulitan yang dialami siswa. Diagnosis ini dapat berupa hal-hal sebagai berikut:Keputusan mengenai jenis kesulitan belajar siswaKeputusan mengenai factor-faktor yang menjadi sumber sebab-sebab kesulitan belajarKeputusan mengenai jenis mata pelajaran apa yang menjadi kesulitan belajarKegiatan diagnosis dapat dilakukan dengan cara ;Membandingkan nilai prestasi individu ...
ReadMoRe
Post in my Wall

Tidak ada komentar:

Posting Komentar