Bimbingan
belajar. Sebagai pembimbing seorang pendidik mengadakan pendekatan
bukan saja melalui pendekatan instruksional, akan tetapi dibarengi
dengan pendekatan yang bersifat pribadi (personal approach) dalam setiap
proses belajar mengajar berlangsung. Melalui pendekata pribadi
guru akan langsung mengenal dan memahami siswa secara lebih mendalam,
sehingga dapat memproleh hasil belajar yang optimal.Agar bimbingan
belajar dapat lebih terarah dalam upaya membantu siswa dalam
menagatasi kesulit ... belajar. Sebagai pembimbing seorang
pendidik mengadakan pendekatan bukan saja melalui pendekatan
instruksional, akan tetapi dibarengi dengan pendekatan yang bersifat
pribadi (personal approach) dalam setiap proses belajar mengajar
berlangsung. Melalui pendekata pribadi guru akan langsung mengenal dan
memahami siswa secara lebih mendalam, sehingga dapat memproleh hasil
belajar yang optimal.Agar bimbingan belajar dapat
lebih terarah dalam upaya membantu siswa dalam menagatasi kesulitan
belaja ... kelompokBimbingan belajar individualPengajaran
remedialPemberian bimbingan pribadiTindak lanjut atau follow
upTindak lanjut atau follow up adalah usaha untuk mengetahui
keberhasilan bantuan yang telah diberikan kepada siswa dan tindak
lanjutnya yang didasari hasil evaluasi terhadap tindakan yang dilakukan
dalam upaya pemberian bimbingan. ... bimbingan belajar.
Sebagai pembimbing seorang pendidik mengadakan pendekatan bukan saja
melalui pendekatan instruksional, akan tetapi dibarengi dengan
pendekatan yang bersifat pribadi (personal approach) dalam setiap proses
belajar mengajar berlangsung. Melalui pendekata pribadi guru akan
langsung mengenal dan memahami siswa secara lebih mendalam, sehingga
dapat memproleh hasil belajar yang optimal.Agar bimbingan belajar
dapat lebih terarah dalam upaya membantu siswa dalam menagatasi kesuli
... Dalam pelaksanaan tugas pembelajaran, seorang pendidik tidak
hanya berkewajiban menyajikan materi pembelajaran dan mengevaluasi
pekerjaan siswa, akan tetapi bertanggung jawab terhadap pelaksanaan bimbingan
belajar. Sebagai pembimbing seorang pendidik mengadakan pendekatan
bukan saja melalui pendekatan instruksional, akan tetapi dibarengi
dengan pendekatan yang bersifat pribadi (personal approach) dalam setiap
proses belajar mengajar berlangsung. Melalui pendekata pribadi
guru akan langsung mengenal dan memahami siswa secara lebih mendalam,
sehingga dapat memproleh hasil belajar yang optimal.Agar bimbingan
belajar dapat lebih terarah dalam upaya membantu siswa dalam
menagatasi kesulitan belajar, maka perlu diperhatikan
langkah-langkah sebagai berikut:IdentifikasiIdentifikasi adalah suatu
kegiatan yang diarahkan untuk menemukan siswa yang mengalami kesulitan
belajar, yaitu mencari informasi tentang siswa dengan melakukan
kegiatan berikut:Data dokumen hasil belajar siswaMenganalisis
absensi siswa di dalam kelasMengadakan wawancara dengan siswaMenyebar
angket untuk memperoleh data tentang permasalahan belajarTes
untuk memperoleh data tentang kesulitan belajar atau permasalahan
yang dihadapiDiagnosis Diagnosis adalah keputusan atau penentuan
mengenai hasil dari pengolahan data tentang siswa yang mengalami
kesulitan belajar dan jenis kesulitan yang dialami siswa.
Diagnosis ini dapat berupa hal-hal sebagai berikut:Keputusan mengenai
jenis kesulitan belajar siswaKeputusan mengenai factor-faktor
yang menjadi sumber sebab-sebab kesulitan belajarKeputusan
mengenai jenis mata pelajaran apa yang menjadi kesulitan belajarKegiatan
diagnosis dapat dilakukan dengan cara ;Membandingkan nilai prestasi
individu ... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar